SEKILAS INFO :
Teman –teman disini saya akan membagikan pengetahuan dan
informasi tentang bagaimana langkah – langkah pembuatan Brosur dengan Microsoft
Publiser. Dan menggunakan Corel Draw
A. Menggunakan Microsoft Publiser
Langkah Pertama,
Hidupkan komputer atau laptop kalian sampai kalian
dihadapkan pada layar dekstop utama seperti gambar berikut :
Langkah kedua,
Klik tombol start pada pojok kiri bawah dekstop, kemudian pilih menu
microsoft office kemudian pilihlah microsoft publiser seperti contoh berikut
Langkah ketiga,
Setelah kalian buka microsoft publiser, pilihlah “BROSUR”
pada menu pilihan yang telah disediakan pada microsoft publiser seperti contoh
dibawah ini :
Langkah keempat,
Setelah kalian pilih brosur , maka pilihlah design brosur
yang anda inginkan, mari liat contoh pada gambar dibawah ini :
Langkah kelima,
Setelah kalian pilih design yang kalian sukai, klik kotak
create pada pojok kanan bawah (contoh pada gambar dibawah ini ) :
Langkah keenam,
Kalian akan dihadapkan pada design brosur yang kalian pilih seperti
contoh pada gambar dibawah ini :
Langkah ketujuh,
Mulailah untuk melakukan pengeditan pada tulisan dan gambar
untuk design yang kalian buat (seperti contoh gambar dibawah) :
Langkah kedelapan,
Setelah anda melakukan pengeditan pada brosur anda, maka
brosur anda telah selesai dan siap untuk dilakukan proses hand out
Langkah kesembilan,
Lakukan proses penyimpanan dengan klik tombol save as,
kemudian beri nama brosur kalian agar mudah untuk menemukan file brosur anda
setelah dilakukan proses penyimpanan (contoh gambar saat penyimpanan sebagai
berikut) :
B. Menggunakan Corel Draw
Langkah peratama,
Hidupkan komputer atau laptop kalian sampai kalian dihadapkan pada layar
dekstop utama seperti gambar berikut :
Langkah
kedua,
Mulai
klik tombol start pada dekstop, kemudian pilih menu Corel Draw (contoh pada
gambar dibawah ini) :
Langkah
ketiga,
Setelah
kalian membuka menu corel maka akan keluar tampilan corel dan kemudian rubah
ukuran kertas pada satuan centimeter (contoh pada gambar dibawah ini) :
Langkah keempat,
Setelah kalian rubah mulailah memilih backgroud di data
penyimpanan kalian yang nantinya akan kalian gunakan untuk membuat brosur
(contoh pada gambar dibawah ini) :
Langkah kelima,
Setelah kalian memilih background brosur sesuai keinginan
kalian, maka dalam corel kalian akan ada secara otomatis background yang kalian
pilih (contoh pada gambar dibawah ini) :
Langkah keenam,
Kemudian mulailah untuk menulis sesuai keinginan kalian
dalam background yang kalian pilih, untuk menulis huruf klik icon huruf A pada
toolbar samping, dan untuk memilih jenis font dan ukuran font atur pada toolbar
atas (contoh pada gambar dibawah ini) :
Langkah
ketujuh,
Setelah kalian melakukan penulisan dan engeditan pada brosur
kalian, sebelum kalian save as tekan CTRL- Z dan CTRL- G agar gambar atau
background dengan tulisan kalian menyatu dan tidak keluar (memencar) (contoh
gambar dibawah ini , setelah dilakukan CTRL-Z dan CTRL G) :
Langkah kedelapan,
Setelah kalian selesai membuat brosur dan telah kalian
lakukan ctrl-z dan ctrl-g maka lakukan penyimpanan data dengan klik tombol file
kemudian pilih save as (contoh pada gambar dibawah ini ) :
Berikut hasil brosurnya teman -teman
A. Dari microsoft publiser
B. Dari Corel Draw
Oke teman - teman, sekian informasi dan tambahan pengetahuan dari saya tentang
bagaimana langkah – langkah pembuatan brosur pada Microsoft Publiser dan Corel
Draw. Semoga dapat memberikan manfaat untuk kalian semua. Thanks for your
attention friends and see you next time.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar